Posted by : bloooger sulthan Sabtu, 03 Desember 2011

Alat Pengubah Air Menjadi Bahan Bakar

Air adalah molekul senyawa H2O yang banyak terdapat di alam. Dia adalah sumber kehidupan yang dibutuhkan oleh seluruh makhluk hidup di muka bumi ini. Manusia, hewan dan tumbuhan hampir sebagian besar tubuhnya terisi oleh cairan bernama air. Air menjadi sumber energi tempat berlangsungnya proses transportasi hingga fusi dari strata molekuler hingga reaktor.


"Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, Kemudian kami pisahkan antara keduanya. dan dari air kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?" QS. 21:30

Kekuatan air ini tidak terlepas dari peran masing-masing unsur penyusunnya. Yaitumolekul O2 dan H2. kedua unsur ini bereaksi secara bolak-balik menjadi molekul senyawa H2O. Artinya H2O bisa dipisah menjadi H2 dan O2 atau sebaliknya. Secara kimia persamaan reaksinya digambarkan menjadi:





2H2 + O2 --- 2H2O

|

*

ENERGI


Dari persamaan tersebut tampak terjadinya reaksi pembakaran sempurna. Dimana molekul-molekul tersebut terbakar menjadi H2O dan tanpa menghasilkan zat polutan seperti CO2. Selain itu juga ada keterlibatan energi di dalamnya. Yakni energi yang dibutuhkan untuk memisahkan H2O ataupun energi yang dihasilkan dari pembakaran H2 dan O2.
Dalam ilmu Fisika, salah satu cara untuk memisahkan molekul H2 dan O2 dari molekul air adalah dengan menggunakan teknik elektrolisis. Elektrolisis ini adalah proses pemisahan ion-ion dari cairan elektrolit dengan dua buah elektroda yang memiliki beda potensial dalam suatu wadah. Ion-ion tersebut berkumpul di permukaan elektroda dan membentuk gas H2 dan O2.

Dapat diilustrasikan:



Nah, gas-gas yang terbentuk tersebut walaupun terletak dalam satu wadah tetapi keduanya tidak akan bereaksi secara spontan menjadi air tanpa adanya pemicu. Pemicu itu bisa berupa jilatan api atau percikan api busi yang akan mengakibatkan reaksi berantai.

Untuk keterangan lengkap cara pembuatannya di sini ada E-book dari penemunya.

Popular Entries

Translate Engines

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Pengunjung Di Blog Ini

Saving Mode

Blog ini akan Otomatis melakukan saving mode jika stand by selama 5 menit.

- Copyright © Free Fun For Download Blogspot - Metrominimalist - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -